Nabi Idris dan Malaikat Izroil

Nabi Idris berkata, “Bisakah engkau membawaku melihat surga dan neraka?” “Wahai Nabi Allah, permintaanmu aneh,” jawab Malaikat Izroil. Malaikat Izroil berkata. “Ya Nabi Allah, mengapa ingin melihat neraka? Bahkan, para malaikat pun takut untuk melihatnya.”

Nabi Idris pun menjelaskan alasannya, “Terus terang saya takut sekali kepada azab Allah itu. Tapi, mudah-mudahan saya menjadi lebih tebal setelah melihatnya.” Saat sampai neraka, Nabi Idris langsung pingsan. Malaikat penjaga neraka merupakan sosok yang sangat menakutkan. Ia menyeret dan menyiksa manusia-manusia yang durhaka kepada Allah semasa hidupnya.

Nabi Idris dibawa oleh Malaikat Izroil ke surga. Malaikat Izroil mengucapkan salam kepada malaikat penjaga pintu surga yaitu malaikat Ridwan. Malaikat Ridwan memiliki paras yang tampan, wajahnya selalu berseri-seri dan dihiasi dengan senyum yang ramah. Nabi Idris nyaris pingsan saat melihat surga. Bukan karena takut, tapi karena terpesona dengan keindahan surga. “Subhanallah, Subhanallah, Subhanallah,” ucap Nabi Idris berulang-ulang.