Nabi Adam Khalifah di Bumi

Allah menunjuk Nabi Adam sebagai khalifah atau pemimpin di bumi. Awalnya, para malaikat tidak mengakuinya. Mereka menganggap Nabi Adam tidak pantas menjadi seorang pemimpin. Hal ini karena rasa khawatir mereka manusia akan berbuat kerusakan di muka bumi. Untuk meyakinkan para malaikat, Allah memerintahkan Nabi Adam menyebutkan nama benda-benda di bumi di depan para malaikat.

Allah memerintahkan para malaikat menyebutkan nama benda-benda itu. Satu pun dari malaikat-malaikat itu tidak bisa menjawab pertanyaan Allah SWT. Mereka berkata, “Maha Agung Engkau! Sesungguhya kami tidak memiliki pengetahuan tentang sesuatu, kecuali apa yang Allah ajarkan kepada kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana”.

Nabi Adam segera menyebutkan nama benda-benda itu. Jelas, sebagai manusia pertama dan manusia pilihan, beliau telah dibekali Allah pengetahuan untuk memakmurkan bumi. Para malaikat pun tunduk dan taat kepada perintah Allah, kecuali golongan iblis yang tetep membangkang dan tidak suka Nabi Adam diangkat sebagai khalifah di bumi.

Sumber cerita: Thifa, Kak. 2017. 365 Kisah Islam. Jogjakarta: Ceria