Kak Bany (Amil Zakat)

Bany Ahmad Djaelani, S.Akun (Sarjana Akuntansi Syariah) adalah seorang Amil Zakat yang sudah berpengalaman mengelola ZIS sejak tahun 2013. Bany memiliki latar belakang pendidikan S1 Jurusan Muaa’malah, Program Studi Akuntansi Syariah, Spesialisasi Amil Zakat di STEI (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam) SEBI (Syariah Economic Banking Institute). Pada tahun 2015 Bany mendapatkan beasiswa studi dari Baituzzakah Pertamina. di akhir studinya, Bany menuliskan skripsi penelitiannya tentang “Analisis Penerapan Fatwa Zakat MUI Pada Baituzzakah Pertamina”. Sejak tahun 2013 Bany aktif di organisasi kampus yaitu Beasiswa Amil Zakat SEBI sebagai Koordinator Divisi Pengembangan Umat. Kemudian aktif sebagai relawan kemanusiaan di Lembaga Amil Zakat (LAZ) bernama Zakat Sukses yang berada di kota Depok, beberapa kegiatan sosial kemanusiaan telah dilakukannya, seperti aksi bantuan banjir Jakarta pada tahun 2013, pelayanan kesehatan gratis di daerah Sawangan & Bojongsari, Depok dan roadshow dongeng penggalangan dana ke sekolah-sekolah untuk kemanusiaan.

Pada tahun 2014 Bany menjadi Volunteer Ramadhan di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nasional Al Azhar sebagai Volunteer Keuangan yang bertugas menginput penerimaan ZISWAF yang masuk. Pada tahun 2015 Bany menjadi Volunteer Ramadhan di Lembaga Kemanusiaan Nasional bernama PKPU sekarang bernama HI (Human Initiative) sebagai Konsultan ZIS yang melayani pembayaran ZIS. Pada tahun 2015 akhir Bany bertugas sebagai Manajer Humas (Hubungan Masyarakat) di LAZ Zakat Sukses, Depok. Kemudian akhir 2016, Bany ditugaskan sebagai Manager Keuangan & SDM di LAZ Zakat Sukses, Depok. Selanjutnya pertengahan 2019 sampai sekarang, Bany ditugaskan sebagai Manager Fundraising & Kemitraan LAZ Zakat Sukses.

Selanjutnya Bany juga aktif memberikan kajian-kajian tentang Fiqh Zakat Klasik & Fiqh Zakat Kontemporer sejak tahun 2015 hingga sekarang di berbagai Masjid di kota Depok. Kemudian beberapa pelatihan untuk mengembangkan kapasitasnya sebagai Amil Zakat dalam mengelola dana ZIS telah diikutinya di antaranya Pelatihan sistem Informasi Manajemen BAZNAS yang diadakan oleh Badan Amil Zakat Nasional RI pada tahun 2017, Seminar Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Zakat, Infaq/Sedekah (ZIS) 109 Untuk Organisasi Pengelola Zakat diadakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia Jawa Timur pada tahun 2017, Workshop Sertifikasi Amil Zakat Tingkat Jawa Barat diadakan oleh Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Barat pda tahun 2018, Pelatihan INTERNAL AUDIT ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT diadakan oleh Institut Manajemen Zakat pada tahun 2018, Workshop Perencaan Fundraising 2020 diadakan oleh Institut Fundraising Indonesia pada tahun 2019, Seminar Fundraising Untuk Lembaga Pendidikan diadakan oleh Institut Fundraising Indonesia pada tahun 2020.