Gaya Bahasa Remaja Jatuh Cinta

Membahas fenomena remaja tidak lepas dari yang namanya perubahan baik secara fisik ataupun secara mental dari mulai penampilan sampe cara bicara, ketika masuk masa-masa remaja cewe udah mulai dandan, harus selalu tampil cantik dan mempesona hal ini merupakan sikis seorang remaja memang ingin mendapatkan perhatian dan diberi pujian atau ingin dikagumi, sebaliknya yang cowo kalo berpenampilan harus cool men, so ketika secara penampilan udah Ok & Cool, maka kalo kata anak muda sekarang mah klo belum punya pacar/gebetan belum dibilang keren, bener ga sih?, kebanyakan orang yang sendiri atau single terkadang merasa minder dengan lingkungan teman-teman pergaulannya, karena kebanyakan di antara mereka pada punya pasangan masing-masing, tapi ga juga sih, ada juga mereka yang single tapi tetap cool & percaya diri dengan pendiriannya, lalu bagaimana sih caranya agar punya gebetan/pacar, pasti kalian sering denger kata-kata tembak cewe alias menyatakan cinta kepada perempuan yang disuka.

Rata-tata yang paling sering melakukan ini adalah para remaja pria yang hatinya sedang bergejolak merasakan ketertarikan yang amat sangat kepada seorang perempuan yang disukainya, meskipun tidak sedikit juga para perempuan yang memulai untuk menyatakan rasa cintanya. Gini guys sebenarnya wajar ga sih, ketika para remaja yang sedang memasuki masa pubertas dan mulai tertarik dengan lawan jenisnya dinamakan orang yang jatuh cinta? yang jadi pertanyaan adalah apakah mereka sudah betul mengerti akan makna cinta, sehingga hati yang ingin menembak seorang perempuan di namakan sedang jatuh cinta/ Fall In Love? so buat para ABG yang masih labil pelajari dulu makna cinta, sebelum kalian menyatakan cinta, jangan sampai kalian salah tafsir tentang cinta, masa-masa remaja ini sangat rentan dengan pergaulan bebas, maka dari itu perbanyaklah diskusi dengan orang-orang di atas kita seperti orang tua kita, kakak, saudara/ guru kita, agar kita mendapatkan bimibingan dari mereka dalam menjalani pergaulan saat usia masih remaja.

Jika seseorang sudah dikatakan jatuh cinta, maka ada beberapa sikap dan bahasa yang akan berubah pada orang tersebut (bahkan mungkin kamu juga merasakan hal seperti itu, ketika kamu merasakan cinta monyet di masa sekolah), apa sajakah hal yang berubah?, biasanya para pria yang merasakan hal ini akan mulai berubah dari penampilan dan gaya bahasanya ketika berhadapan dengan seorang peremuan yang di sukainya.

Biasanya kalo di awal PDKT (pendekatan tahap awal) si cowo udah mulai sering ngasih perhatian tentunya melalui alat komunikasi SMS apa lagi sekarang udah banyak social media yang bisa di gunakan, so makin gampang kalo mau PDKT sama cewe, selalu nanyain kabar, dikit-dikit ngingetin makan, modusnya karena khawatir nanti si cewe takut sakit, emangya pernah ada ya suatu saat si cewe sakit maag terus masuk rumah sakit, pas sampe di rumah sakit si cewe bilang “Dokter perut saya sakit, karena saya belum di ingetin makan sama pacar saya”, si dokter langsung nelen stetoskop. Kalo menurut hemat saya sih kayanya ga ada deh hehehe, terus mulai ada panggilan-panggilan spesial, kalo jaraknya usianya beda, manggilnya kk ade, atau aa ade, kalo seumuran manggilnya abang nenk, atau yang paling tua manggilnya Umi Abi, Mami Pipi, Mama Papa, aduh berkeluarga juga belum udah manggil kaya gitu aja, biasalah si cowo ceritanya biar keliatan romantis gitu, atau mungkin ada panggilan lain seperti Sayang dan panggilan lainnya. Tepokjidat. Begitulah hal-hal aneh dari bahasa anak remaja yang katanya sedang jatuh cinta.

Bahasa memiliki peran penting dalam berkomunikasi, begitupun bahasa cinta, rasanya memang sulit di fahami jika bahasa cinta itu di nyatakan oleh para remaja pria yang masih labil kepada perempuan yang di sukainya, setelah itu mereka berpacaran tanpa tujuan dan arah yang jelas, ketika sudah lama dan bosan, akhirnya mereka putusan, sehingga ada istilah mantan pacar. Apakah itu yang di namakan cinta/sayang, pacaran yang tujuannya cuma buat cari identitas dan seru-seruan ataupun lucu-lucuan lalu di bungkus dengan kata-kata rayuan cinta nan gombal, ternyata malah menodai makna cinta itu sendiri. Kasian ya si cinta hehe.

Berkomunikasi itu ada aturannya, baik dengan orang tua, guru, tetangga, kerabat, teman maupun anak-anak, terlebih lagi berkomunikasi dengan sang pencipta Allah SWT. Kata Cinta itu terkadang berbeda makna, tergantung siapa orang yang menggunakan kata tersebut, fatalnya ketika anak-anak usia SD sudah mengenal cinta, maka ia akan berfikir sempit tentang cinta, karena sepengetahuan mereka cinta itu, ketika dia suka dengan teman perempuan di kelasnya dan teman-teman sekelilingnya bilang “cie,,,cie ada yang lagi jatuh cinta nih” dan ketika cinta di rasakan oleh ABG sekolah usia-usia SMP dan SMA, maka makna cinta itu sendiri akan berubah lagi, mungkin menurut mereka kebanyakan beranggapan bahwa cinta itu ketika seorang cowo mengungkapkan perasaan nya kepada seorang wanita yang di sukainya dengan cara memberikan bunga, surat, cokelat ataupun cara lainnya atau istilah nya ditembak, atau ada lagi yang berfikiran bahwa cinta itu ketika si cewe dan cowo ada kata jadian dan pernah merasakan moment-moment terindah seperti jalan-jalan, makan bareng dan lain sebagainya. please deh sob, begitulah mereka mengartikan cinta, sangat sempit sekali maknanya, sehingga terkadang ada hal-hal yang mengarah kepada kemaksiatan atas dasar cinta, biasanya hal tersebut terjadi dalam adegan berpacaran yang saat ini banyak di lakukan oleh para remaja kita atau bahkan mungkin kita saat ini sedang mengalaminya atau pernah berpacaran dan itu semua telah menutup mata hati mereka, padahal mereka tau ada perbuatan-perbuatan yang tidak boleh dilakukan selama sebelum menjadi pasangan sah dalam pandangan syariat islam, tapi mereka tetap melakukannya atas dasar sayang & cinta, waduh lagi-lagi makna cinta telah ternodai karena nafsu yang telah menutupi mata hati mereka.

So gini guys, jika kamu saat ini berada di usia-usia mulai tertarik dengan lawan jenis, maka kamu harus persiapkan segala benteng untuk menahan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan, apa lagi pacaran, komunikasi romantis yang telah kamu lontarkan ketika berpacaran merupakan suatu perbuatan yang hanya menjerumuskan kamu ke dalam belenggu syetan, apa lagi situasi kamu sedang berduaan di tempat yang sepi, ya sudah jelas saja yang ke tiganya adalaha syetan, maka kata-kata romantic mu hanyalah sebuah modus untuk melakukan perbuatan maksiat, naudzubillah.

Alangkah indahnya ketika komunikasi cinta itu di gunakan ketika sudah berada dalam hubungan yang diridhoi oleh Allah yaitu pernikahan, maka segala hal yang kamu ucapkan berupa kata-kata romantic atau rayuan-rayuan kepada pasangan mu, merupakan sesuatu yang berpahala bukan lagi berbau maksiat seperti hal nya orang yang berpacaran, semua orang yang melakukan komunikasi saat jatuh cinta terkadang cenderung tidak logis, mereka bilang “Sumpah aku sayang kamu, aku ingin kamu selamanya, aku akan setia sama kamu, aku akan jaga perasaan kamu, aku akan bla,,bla,,bla,  tapi dalam aplikasinya justru malah menghancurkan masa depan si cewe dengan menjerumuskannya ke dalam perbuatan maksiat, tapi kan aku pacarannya ga ngapa-ngapain, serius nih ga ngapa-ngapain, Allah maha melihat loh, apa yang kamu perbuat, kalo kamu serius mencintainya, kenapa kamu ga bilang, “aku akan segera menikahi mu” itu kan lebih gentle, klo kata-kata yang tadi kan Cuma omdo, alias ngomong doang.

So buat para leadis marilah berfikir jernih, sebenarnya kalian itu mengetahui bahwa kebanyakan laki-laki itu bohong, playboy, cuma bisa nyakitin perasaan, cuma bisa mempermainkan, tapi tetep aja,,klo ada yang nembak, kamu malah terima udah gitu jadian lagi,,kamu akhirnya pacaran lagi,,padahal tadi kamu bilang laki-laki itu bla,,bla,,bla, klo kamu beralasan “siapa tau aja ini yang beda”,,aduh pelase deh,,masa kamu ga belajar sih dari pengalaman mu sebelumnya, sebelum kamu merasa tersakiti, pasti awalnya kamu memang merasa nyamankan sama si cowo,,tapi pada akhirnya ya kamu nangis,,termehek-mehek,,dan bilang semua cowo itu sama aja,,bisannya cuma nyakitin. semua cowo di salahkan. Dan pada intinya banyaklah belajar dari pengalaman mu dalam memahami komunikasi sinyal-sinyal merah jambu di masa-masa remaja mu saat ini, karena jika kamu tidak pandai memahaminya, maka kamu akan tergoda dengan bujuk rayunya, baik ci cewe duluan yang mulai ataupun si cowo yang mulai duluan ngasih kode untuk jadian. nah pastinya kebanyakan remaja sekarang menganggap hal tersebut sebagai hal yang seru-seruan ketika saling memberikan kode kepada orang yang dia sukai, padahal nantinya akan berujung kepada modus untuk jadian dan akhirnya ada perbuatan-perbuatan yang sebenarnya banyak merugikan perempuan, believe it or not,,ya up to you.

Tetaplah waspada dalam bergaul dengan siapa pun, pada intinya komunikasi orang yang jatuh cinta itu hanya sesuatu yang sesaat dan penuh dusta karena mereka hanya bisa berkhayal dengan ucapannya seperti “Aku akan selalu ada untuk kamu,,aku ga mau kenapa2, padahal masih pacaran, tapi pengorbanannya sampe segitunya, sedangkan prestasinya ga dikorbanin,,orang tuannya di cuekin,,,cenderung lebih mentingin pacar, begitulah ketika makna cinta sudah berubah, maka tak peduli apa kata logika, yang pentign gue saat ini bisa seneng sama dia.

Begitulah kata mereka yang sedang dilanda cinta yang semu. Janganlah lupa kuatkan komunikasi dengan sang Ilahi, agar kamu selalu dilindungi di manapun kamu berada dari bujuk rayu orang-orang yang sedang jatuh cinta dalam cinta yang di balut nafsu dan menipu. Allah telah menitipkan rasa cinta kepada makhluknya untuk membuat bumi yang kita huni ini menjadi tentram dan damai. Ya rasa cinta memang bertujuan untuk membuat kehidupan makhluk Allah di bumi menjadi nyaman. Tetapi, ada saja manusia yang merusak rasa cinta yang tulus dengan menyemaikan nafsu dengan segala cara yang tidak di ridhoi Allah. Ketika mereka sedang jatuh cinta, “Sebaiknya kamu pacaran dulu sebelum menikah karena akan membuat diri mu saling mengenal.” Ahh masa sih?? Itulah komunikasi cinta yang keliru memaknai pacaran dengan pernikahan, bilang nya sama si doi mau menikah tapi harus pacaran dulu, padahal belum tentu ujung-ujungnya dinikahin, tapi pengen coba-coba dulu, duhh cape deh, katanya akan selalu setia dan selalu sayang, tapi pas ditanya kapan mau nikahin aku, langsung pura-pura ga tau, sambil nelen sandal hehehe.

Sumber gambar: https://woop.id/love/cinta-sejati-k17tsq76