Asadul Usud

Nabi Idris hidup seribu tahun setelah Nabi Adam. Beliau adalah keturunan keenam dari Nabi Adam. Nabi Idris lahir di Babylonia, lalu hijrah ke Mesir. Beliau manusia pilihan yang diangkat Allah ke langit. Beliau wafat saat berada di langit keempat saat berusia 82 tahun. Pada masa Nabi Idris, bahasa manusia sudah ada 72 bahasa.

Nabi Idris selalu mempelajari mushaf-mushaf Nabi Adam. Nabi Idris mendapat gelar “Asadul Usud” yang berarti singa dari segala singa. Hal ini karena Nabi Idris tidak pernah putus asa menjalankan tugasnya sebagai seorang Nabi. Nabi Idris dianugerahi kepandaian dan keahlian. Nabi Idris bisa membuat peralatan yang berguna untuk mempermudah pekerjaan manusia. Nabi Idris pandai mengeloah besi-besi menjadi berbagai peralatan.

Nabi Idris adalah nabi pertama yang mengenal tulisan, berbagai bahasa, ilmu perhitungan, ilmu alam, astronomi, dan sebagainya. Nabi Idris dikenal sangat pemaaf dan tidak sombong. Nama “Idris” mempunyai arti belajar karena Nabi Idris suka membaca dan mempelajari mushaf-mushaf Nabi Adam.

Sumber cerita: Thifa, Kak. 2017. 365 Kisah Islam. Jogjakarta: Ceria